Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang
dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran
tersebut.
Strategi pemasaran
adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk
mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari
pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran
pemasaran, dan alokasi pemasaran dan berbagai macam kegiatan lainnya yang
menyangkut dengan pemasaran.
Inti Strategi Pemasaran
Dalam pemasaran
perusaha akan melakukan kegiatan strategi pemasaran dengan lebih memfokuskan
pada kebutuhan konsumen. Karena itulah, konsep pemasaran pada intinya adalah
untuk memberikan penawaran terbaik agar mendapatkan keunggulan di mata.
Pandangan umum untuk
perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran
- Orientasi dan perencanaannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
- Aktivitas strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan untuk membangun strategi terbaik.
- Tujuan akhir dari penerapan strategi pemasaran adalah mendapatkan untung dari penjualan dan menempatkan produk pada suatu pandangan positif (brand Image).
Gambaran ideal untuk
perusahaan yang memiliki strategi pemasaran yang baik adalah dapat memenuhi
kebutuhan pasar.
Untuk dapat memberikan
hasil yang maksimal dalam penerapannya, perusahaan perlu untuk menerapkan
sebuah riset terlebih dahulu.