-->

Sinopsis dan Resensi Novel 5cm (Lengkap Dengan Ebook)

Sumber: wikipedia

Deskripsi Novel


Buku 5 cm ini mengisahkan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persahabatan sekitar tujuh tahun, mereka diantaranya mempunyai nama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.

Judul:
5cm

isi Sinopsis:
sinopsis sendiri

Panjang Sinopsis:
700 kata

Kualitas Buku:
Publisher Quality

Jumlah Halaman:
381 Pages

ISBN:
9789797591519

Penerbit:
Grasindo

tahun terbit:
2005

Tahun Hak Cipta:
2005

Hak Cipta Oleh:
Grasindo

Bahasa:
Indonesia

Genre:
Persahabatan

Diposting oleh:
Admin Unikmahasiswa

Sinopsis dan Resensi 5cm (1449 reviews)


3,8

Sinopsis Novel 5 cm


Buku 5 cm ini mengisahkan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persahabatan sekitar tujuh tahun, mereka diantaranya mempunyai nama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.

Mereka ialah sahabat yang kompak, mempunyai obsesi dan mimpi masing-masing, mereka tidak jarang kali pergi bareng dan ketemu masing-masing saat. Karena jenuh bertemu masing-masing hari, kesudahannya mereka mengejar titik bosan dengan kegiatan yang tidak jarang kali mereka lakukan bareng dan mereka menyimpulkan untuk tidak saling berkomunikasi sekitar tiga bulan.

Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan mengerjakan komunikasi dalam format apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan urusan baru. Dengan rasa rindu yang saling menyilang. Tentang figur Riani yang menyukai salah satu sahabatnya zafran. Tentang Zafran yang merindui dinda adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam.

Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi tidak sedikit hal yang menjadikan hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan sesudah tiga bulan yang sarat dengan rasa kangen kesudahannya terjadi dan dirayakan dengan suatu perjalanan ‘reuni’ mereka dengan memanjat gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.

“Biarkan kepercayaan kamu, 5 centimeter menggantung mengapung di depan kamu, hanya kaki yang bakal berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan melakukan lebih tidak sedikit dari biasanya, mata yang bakal menatap lebih lama dari biasanya, leher yang bakal lebih sering menyaksikan ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang bakal bekerja lebih keras dari seringkali serta mulut yang akan tidak jarang kali berdoa. percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu”.

Tokoh Dalam Novel 5 cm

  1. Arial ialah pria terganteng diantara mereka, serta bertubuh atletis.
  2. Riani ialah gadis berkacamata, cantik, cerdas dan mengkhususkan prestasi.
  3. Zafran adalahpria yang berbadan kurus, anak band,kocak, senang bersyair dan menjadikan puisi-puisi, hidupnya seperti tidak cukup lengkap andai tidak bersyair sekitar sehari.
  4. Ian ialah tokoh yang tak waras bola, suka santap terutama indomie, dan pecinta artis Happy Salma.
  5. Genta adalahleader diantara kawan sahabatnya. Genta ialah sosok yang baik, seorang aktivis kampus

Unsur Instrisik dan Ekstrisik

Tema

Persahabatan lima anak muda yang memiliki kekuatan, keajaiban, mimpi, serta keyakinan.
Latar Belakang Novel
Tempat :
  1. – Stasiun kereta api Senen
  2. – Stasiun Lempuyungan, Yogyakarta
  3. – Ranu Pane
  4. – Ranu Kumbolo
  5. – Puncak Mahameru

Waktu : Pagi sampai malam

Suasana : Menyenangkan, dramatis dan menegangkan

Alur Cerita/Plot Novel 5cm


Novel ini memakai alur maju mundur dengan kata lain dalam kisah terjadi flashback ke masa kemudian dan kejadian yang bakal datang.

Pesan Novel


Terimalah kawan kita dengan apa adanya, baik keunggulannya maupun kelemahan yang terdapat pada diri kawan kita. Karena tidak seluruh orang memiliki keunggulan semata. Kelebihan tersebut tentu selalu didampingi dengan kekurangan. Tinggal bagaimana teknik kita sebagai rekan untuk menutupi keunggulan dan kelemahan teman kita.

Kelebihan Novel


Kelebihan buku ini ialah ceritanya yang menarik, sarat semangat dan petualangan. Penulis memakai bahasa yang gampang dimengerti, dan alur kisah yang tidak menjemukan sehingga pembaca hendak membaca buku ini sampai halaman terakhir. Dalam buku ini, tidak sedikit kata-kata yang menjadikan kita terinspirasi. Dalam ceritanya, diselipkan lagu-lagu yang cocok dengan keadaan yang sedang terjadi, sehingga menjadikan kita semakin terhanyut dalam cerita.

Ditambah lagi dengan penggambaran setting masa-masa dan lokasi yang paling detail namun tidak berlebihan seakan menjadikan seolah anda ikut tercebur di dalamnya, laksana perjalanan mereka dari Jakarta (stasiun Senen) hingga ke atas puncak Mahameru. Pembaca laksana berada di sana, menikmati dinginnya Ranu Pane, indahnya Ranu Kumbolo, mistisnya Kalimati, dan menakjubkannya puncak Mahameru. Pesan moral yang dikatakan pun paling baik sampai-sampai memotivasi pembaca supaya bisa mengejar mimpi mereka dan menjadi nyata.

Kekurangan Novel


Cerita akhir novel ini walaupun selesai dengan happy ending, namun masih tidak banyak menggantung dan terasa begitu dipaksakan dengan pembentukan kekeluargaan antara sahabat-sahabat tersebut diperbanyak dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat
orangtuanya dan semuanya sebaya/seumuran. Hal tersebut menjadikan pembaca sulit memisahkan mana yang menjadi anak dan mana yang menjadi bapak, mana yang pemuda dan mana pula yang anak-anak.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter