-->

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa

Kami ingin membagikan tips untuk mendapatkan beasiswa, banyak beasiswa gratis, dan beasiswa dengan uang beasiswa yang besar, tapi untuk mendapatkannya itu diperlukan beberapa tips untuk memudahkan, sebagai mahasiwa yang tidak mendapatkan beasiswa dari awal, seperti beasiswa bidikmisi, maka diperlukan strategi.

tips mudah mendapatkan beasiswa
                                             

Mengenal beasiswa


Beasiswa yang ada di kampus terdiri dari berbagai jenis, tinggal kita memilih yang mana, tetapi yang terpenting adalah mengenalnya dan jenis beasiswa yang kita ingin dapatkan.

Beasiswa prestasi

Beasiswa yang berprestasi itu sangat banyak namun sedikit saja yang tidak menggunakan SKTM, untuk bahasan ini beasiswa prestasi yang tidak menggunakan SKTM, ada banyak tapi kebanyakan beasiswa yang berprestasi tidak tanggung untuk di sekolahkan di indonesia melainkan kebanyakan untuk disekolahkan di luar negeri.

Namun ada juga beasiswa pretasi untuk dalam negeri, tanpa menggunakan SKTM seperti beasiswa hafidz, untuk orang-orang yang hafal al-quran, di universitas-universitas seperti Univeritas Brawijaya sudah menyediakan beasiswa hafidz, juga di Bandung tetapi kalo di Bandung bukan hafidz saja, yang sudah memiliki hafalan 10 juz bisa mendapatkannya.

Ada juga beasiswa berprestasi untuk PPA yang tidak perlu memakai SKTM, itu untuk Universitas tertentu, namun untuk beasiswa ini punya IPK yang lumayan tinggi akan cepat dan mudah di terimannya. Ada minimal IPK untuk memenuhi syaratnya yaitu 2,75.

Beasiswa non-prestasi

Beasiswa non-prestasi, yaitu beasiswa yang tidak melihat berapa besar prestasi yang ada, seperti beasiswa bidikmisi yang tidak melihat prestasi, hanya IPK 2,75 sudah bisa mendapatkan beasiswa ini, hanya saja mereka yang mendapatkan adalah benar-benar orang tidak mampu, dan sudah dijatah dari awal masuk.

Malah kalau di luar negeri beasiswa tidak hanya pada pada patokan akademik, ada juga beasiswa kostum terbaik pada suatu festival, atau beasiswa juara makan ini, menjadikan beasiswa di luar sana sangat banyak.

beasiswa non-prestasi


Oke langkah pertama kita sudah lakukan, yaitu mengenal macam-macam beasiswa, walaupun kita mengulasnya secara tidak lengkap, namun itu bisa menjadi gambaran untuk kalian bisa memperhitungkan

Selanjutnya kita kepada tahap memilih beasiswa yang tepat untuk dibidik.

Ya beasiswa apa yang kita inginkan ? beasiswa yang memberikan uang yang banyak, atau beasiswa yang memberikan uang dan pelatihan, yang terus menerus atau yang lain, kita yang tentukan.

Pertama yang harus diperhatikan adalah syarat apa saja yang dapat kita penuhi, karena syarat adalah jalan awal untuk dapat terus maju mendapatkan beasiswa yang kita inginkan.

Jika kamu adalah orang mampu, jangan mengambil beasiswa yang untuk orang tidak mampu, sebenarnya bukan hanya membuat karena kita seperti orang tidak mampu, berarti kalian juga merendahkan diri kalian, seperti peminta-minta. Ambil beasiswa yang mampu, untuk mengecek beasiswa apa saja yang bisa diambil untuk yang mampu kalian bisa melihatnya.

Oke ketika semua syarat telah bebas sekarang masuk pada tahap seleksinya.


Ada banyak orang yang mendaftar beasiswa, bukan hanya kamu saja, mungkin saja ada ribuan orang di Indonesia ini yang mendaftar beasiswa yang sama dengan kamu, atau setidaknya ada puluhan dan kamu harus melawan mereka untuk mendapatkannya.

Pada tahap seleksi lihat dulu dan peajari dengan benar ada berapa seleksi dan seleksi apa saja, karena  kita akan mudah sekali mendapatkannya jika sudah tau aturan mainnya.

Tahap seleksi biasanya ada tes tulis, psikologi dan wawancara.


Untuk tes tulis biasa, ini hanya mengandalkan kecerdasan kamu saja, tidak mengandalkan yang lainnya, tes tulis dapat selesai dengan cepat, dan biasanya di tes ini sedikit yang keluar.

Lalu kepada tes psikologi
Pada tes psikologi ini kamu harus pelajari dengan benar, cari refrensi dari internet, jangan menyepelekan dan lanjut tanpa melihat refrensi, kebanyakan orang terguling disini, contoh saja ada tes menggambar, kamu tidak bisa seenaknya langsung gambar butuh strategi yang tepat.

Lalu selanjutnya adalah tes wawancara
Tes ini terbilang sulit karena tes ini membutuhkan kecerdikan, yang pertama kali ditanamkan untuk melewatinya adalah percaya diri, coba meyakinkan sang pengetes. Jangan pernah katakan “ ya nanti begini” harus katakan dengan yakin seperti “saya akan begini” karena mereka tidak butuh keraguan kita.

Oke mungkin ini saja yang bisa kita berikan, mungkin tips mudah mendapatkan beasiswa yang kita beriakan belum lengkap mejawab pertanyaan diri kalian, jika ingin info yang lebih jauh bisa berkomentar di bawah atau hubungi kami di laman contact us.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter