-->

Menjadi Mahasiswa Organiatoris Yang Baik

Menjadi mahasiswa tidak lepas dengan lingkungan kampus, mulai dari perkuliahannya, nongkrongnya atau kongkownya, hingga organisasinya, namun kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menjadi organisatoris yang baik. Bukan mahasiswa yang gak pernah ikut organisasi.

Baik, sebelumnya kita mengenal terlebih dahulu organisasi.

Oraganisasi adalah yang terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama. Bisa dikatakan oraganisasi ketika udah memiliki syarat-syarat diatas.

tips menjadi mahasiswa organisatoris yang baik

Macam-macam oraganisasi


Organisasi profit

Organisasi profit adalah organisasi yang berorientasikan atau segala gerak organisasi didedikasikan untuk memperoleh profit, organisasi profit seperti perusahaan, CV, atau hanya toko kecil saja. Organisasi profit yang ada biasanya memiliki timbal balik kepada anggotanya berupa kompensasi, organisasi profit tidak ada di dalam kampus, organisasi profit hanya ada di luar kampus untuk mahasiswa

Organisasi non-profit

Organisasi yang tidak berorientasikan atau bertujuan mencari laba atau keuntungan, tetapi organisasi yang bertujuan sesuai dengan AD/ART organisasi. Organisasi non-profit ini yang lebih banyak berada di kampus, organisasi di intra kampus tidak ada yang profit, tujuan organisasi di kampus adalah menjadi sarana pembelajaran.

Maka kita ketahui bahwa yang banyak di kampus adalah organisasi non-profit.
Lalu apakah organisasi pembelajaran mahasiswa hanya ada di kampus ?

apa itu organisasi

organisasi pembelajaran mahasiswa 


organisasi intra kampus

organisasi intra kampus adalah organisasi resmi yang berada di kampus, terikat dengan universitas dan semuanya diatur oleh rektorat. Organisasi intra kampus sangat lah beragam, organisasi ini yang menjadikan kampus ramai, memberikan karya-karya sesuai dengan minat mahasiswa.

Organisasi ekstra kampus

Organisasi yang berada pada luar kampus, tetapi biasanya beranggotakan mahasiswa atau alumni universitas dan masih memberikan pengaruh kepada kampus, organisasi ekstra kampus yang terkenal adalah organisasi kampus yang mengambil pada lini politik, karena organisasi ekstra kampus yang berada pada lini politik lah yang membuat kampus lebih beragam, tidak beriklim sama saja.

Oke tadi kita sudah mengenal macam-macam organisasi di kampus, maka mari kita ke topik inti pembahasan yaitu bagaimana menjadi organisatoris yang baik. Kenapa kita membahas macam-macam organisasi terlebih dahulu, tujuannya untuk memahamkan kepada pembaca bagaimana organisasi itu, dan setiap organisasi yang berbeda jenis memiliki tips-tips yang berbeda untuk dapat menjadi organisatoris yang baik, tetapi kita akan membahas tips secara garis besar saja bagaimana menjadi mahasiswa yang organisastoris dan IPK romantis, tak membuat hati sedih.

Tips menjadi mahasiswa organisatoris yang baik



bagaimana menjadi organisatoris yang baik

Niat

Yang pertama kali dibangun adalah niat hati, untuk menjadi orang besar, seharusnya niat untuk menjadi organisatoris yang baik itu dimiliki. Tidak ada orang besar yang tidak memiliki niat yang besar, niat seperti tekad, semakin besar niat, semakin besar juga untuk menjadi organisatoris yang baik.

Manajemen waktu

Yang kedua adalah pintar-pintar mengatur waktu, mahasiswa organisatoris yang baik mengetahui bagaimana mengatir waktu yang baik, hal yang tidak mudah untuk dikerjakan, karena kita sudah berkecimpung di dalam organisasi, maka kita akan membagi waktu belajar kita dengan organisasi kita.

Konsisten

Banyak sekali masalah yang kita akan hadapi di organisasi, tidak menutup kemungkinan akan menjadi bosan bahkan keluar karena masalah yang dihadapi padahal konsistensi dalam beroganisasi adalah hal yang wajar saja.

Mungkin itu kami hanya bisa membahas sampai itu saja, yang seharusnya dilakukan adalah langsung kerjakan dan praktekan, tidak hanya membaca saja.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter