-->

Sinopsis dan Resensi Novel Cinta Di Dalam Gelas (Lengkap Dengan Ebook)

Sumber: Google

Deskripsi Novel


Secara garis besar, novel ini berkisah mengenai seorang perempuan tegar, yang penuh akan pahit-getir kehidupannya. Sejak umurnya 13 tahun, ia ditinggal mati oleh ayahnya, yang seorang penambang timah.

Judul:
Cinta Di Dalam Gelas

isi Sinopsis:
sinopsis sendiri

Panjang Sinopsis:
750 kata

Kualitas Buku:
Publisher Quality

Jumlah Halaman:
270 Pages

ISBN:
9786028811316

Penerbit:
Bentang Pustaka

tahun terbit:
2010

Tahun Hak Cipta:
2010

Hak Cipta Oleh:
Bentang Pustaka

Bahasa:
Indonesia

Genre:
Roman

Diposting oleh:
Admin Unikmahasiswa

Sinopsis dan Resensi Cinta Di Dalam Gelas (4655 reviews)


3,9

Sinopsis Novel Cinta Dalam Gelas


Secara garis besar, novel ini berkisah mengenai seorang perempuan tegar, yang penuh akan pahit-getir kehidupannya. Sejak umurnya 13 tahun, ia ditinggal mati oleh ayahnya, yang seorang penambang timah. Ayahnya mati terkubur galian timah. Akhirnya, Enong-panggilan wanita kecil itu- menyimpulkan untuk berhenti sekolah, sebenarnya tinggal 4 bulan lagi dia lulus sekolah dasar. Ia berangan-angan menjadi guru bahasa inggris. Ia ingat, dulu ayahnya rela kerja lembur sekitar berbulan-bulan, demi membelikan Enong kamus bahasa inggris satu milyar-yang ia lihat di Tanjong Pandan.

Enong pergi ke Jakarta menggali pekerjaan, tetapi siapa pula yang inginkan menerima anak sekecil itu. Ia ditampik mentah-mentah dimanapun. Akhirnya, ia pulang ke Belitong dengan duit pemberian kakek china di Jakarta.

Enong kecil mengupayakan untuk menjadi penambang Timah. Namun, ia ditertawakan semua penambang laki-laki. Dengan segenap tenaga, sekitar berhari-hari kesudahannya Enong mengejar sebuah hutan dan dia sukses mendapatkan timah itu, walau melulu segenggam. Namun, kabar buruknya, Enong tidak jarang kali ditipu oleh bandar timah, yang memberinya harga tak layak untuk timah itu. Sungguh kasihan Enong kecil, ditinggal mati ayahnya, dan mesti menanggung ongkos keluarga dan ketiga adiknya yg masih kecil.

Ternyata, terdapat mata jahat yang sekitar ini menyaksikan Enong. Hingga sebuah hari, mata jahat tersebut membuntuti Enong ke dalam hutan, dan Enong kaget di belakangnya ada belasan ekor anjing dengan salakannya yang memekakkan telinga. Enong terbirit-birit lari, takut. Di depannya ada jurang, sementara di belakang salak anjing tersebut terus bersahutan, semakin dekat. Enong menyimpulkan untuk loncat ke jurang.

Untunglah Enong selamat, tercantol di batu-batu Sungai Linggang. Dia trauma dengan kejadian itu.

Hingga bertahun-tahun Enong bekerja sebagai Penambang Timah. Suatu ketika di warung kopi, ia menyaksikan laki-laki yang dulu memburu Enong dengan membawa anjing-anjingnya itu. Namun, Enong Bungkam. Menyimpan rasa sakit dan trauma itu.

Enong menikah dengan Matarom, master catur di kala itu. Namun pernikahannya tidak dilangsungkan lama, Matarom yang kasar bercerai dengan Enong.

Akhirnya, pada suatu ketika di pertandingan catur, ia memberanikan diri guna melawan mantan suaminya itu, tak terima dengan seluruh perlakuannya dulu. Dengan belajar dari Garnd Master Ninochka, laksana biasa lewat internet, melewati Ikal, Enong, atau Maryamah-nama aslinya, sekitar berbulan-bulan mempelajari catur, dan dengan metodenya yang elegan berhasil mengungguli musuh-musuhnya dulu. Yaitu Matarom dan pemuda dengan salak-anjing di pinggirnya.

Akhirnya, dendam tersebut terbalaskan sudah. Semua tidak menduga bahwa Maryamah bakal memenangkan pertandingan tersebut melawan seluruh laki-laki. Kejadian yang ditonton langsung oleh Grand Master Ninochka tersebut (yang sengaja menciptakan kejutan, datang dari Eropa sana), mengakui kedahsyatan bertahan, dan menyerang dalam strategi catur Maryamah. Kata grand master, strategi Catur maryamah serupa Anatoly Karpov, Yang pun salah satu grand master catur perempuan di dunia. Maka sejak ketika itu, Maryamah dijuluki Maryamah Karpov.

Unsur Instrisik Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas

Tema: Perjuangan guna dihargai sebagai perempuan

Latar

Lokasi : Belitung (warung kopi, rumah, pasar, gedung, jalan mengarah ke warung kopi)

Waktu

Pagi :“kuduga, pagi ini bakal berlaludengan damai. ia duduk dikursi malasnya (Hal.31)

Malam :malam esoknya dalam perjalanan ke lokasi tinggal Maryamah, aku teryarik menyaksikan orang berkumpul di warung kopi”(Hal.52)

Sore : “ia mendelik padaku. memperhatikan kau tersebut bai ? sore tersebut bolong panggung menteri edukasi di jelek-jelekkan (hal. 58)

Suasana

Sedih : melewati pintu kamar yang terbuka, ia menatap ibunya  yang tergeletak lemah di atas lokasi tidur. di antara yang sangat ia sesali dari kerusakan rumah tangganya ialah karena ia merasa persoalann tersebut telah memberi beban pada pikiran ibunya berulang kali mengaku bahwa jodoh tak ubahnya umur, dapat panjang dan dapat pula pendek. (hal. 88)

Tegang : “lulusan terbaik ke lima” kata Bu Indri. Ia menunda menyinggung namanya mungkin sebab sangat istimewa.(hal.30)

Gembira : Maryamah berdiri dan menatap ke atas. Jiwanya seakan terangkat ke langit (hal. 265)

Tokoh Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas


Maryamah : Mantan istri Matarom, seorang pecatur perempuan.
Matarom : Mantan suami Maryamah, pecatur ruang belajar handal
Detektif M. Nur : seorang detektif yang professional
Sersan kepala zainudin : pensiuna dari kepolisian dan membuka warung kopi.
Ajudan pemegang bantal ambeien : menempati jabatan yang ditinggalkan sersan kepala.
paman : membuka warung kopi dan mencalonkan diri menjadi anggota DPRD
Selamot : rekan sekaligus meneger Maryamah.

Alur Cerita/Plot Dalam Novel Cinta Dalam Gelas


Menceritakan cerita perjalanan nasib Enong alias Maryamah yang berasal dari family yang sederhana. Maryamah yang menyentuh bidak catur saja belum pernah, mesti mengungguli juara catur sekitar dua tahunberturut-turut yang sekaligus pun mantan suaminya. Namun, lebih dari tersebut Maryamah dapat menjadi kendala berat untuk dapat menyebur ke dalam pertandingan penuhharkat untuk kaum pria ini.

Pesan

Belajar ialah tingkat kesuksesan. dengan belajar saya dan anda bisa meraih apa yang anda impikan
Baca atau Unduh Cinta Di Dalam Gelas 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter