-->

Pengertian Mahasiswa Dari Berbagai Sudut Pandang


Pengertian Mahasiswa Dari Berbagai Sudut Pandang

pengertian mahasiswa


Sebagai Portal yang mengkhususkan konten pada bidangmahasiswa, saya ingin memberikan pengertian mahasiswa selama saya menjadi mahasiswa, jika dilihat dari berbagai sudut pandang, mahasiswa memiliki definisi yang bermacam-macam.


Pengertian Mahasiswa Secara Etimologi


Mahasiswa dari sudut pandangan kebahasaan, atau secara etimologi diambil dari kata maha dan siswa, yang artinya mahasiswa adalah seseorang yang sedang berada pada strata melebihi siswa, mahasiswa pada jenjang pendidikan memiliki kedudukan istimewa sehingga gelar “maha” perlu menghiasi pada kata siswa.


Pengertian Mahasiswa Secara istilah.


Mahasiswa jika melihat istilah yang sering digunakan pada masyarakat indonesia adalah seseorang yang memiliki kedudukan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, sekolah tinggi, dan institut yang merujuk kepada penjurusan suatu disiplin ilmu.

Masyarakat memandang bahwa mahasiswa sebagai orang yang memiliki ilmu tinggi pada bidang akademik, karena masyarakat memandang mahasiswa belajar lebih dalam suatu ilmu seperti ilmu kedokteran, teknik sipil, ekonomi, manajemen.

Pengertian Mahasiswa Dari Sudut Pandang Filsafat


Dosen saya pada waktu menerangkan filsafat administrasi, menyinggung tentang sudut pandang filsafat dalam memandang mahasiswa, dalam bidang akademik tidak ada orang yang ahli pada semua bidang, hanya ada manusia yang ahli pada satu bidang atau beberapa bidang.

Karena sejatinya bidang-bidang yang ada diisi oleh berbagai macam orang, maka pendidikan menerapkan hal demikian, pada jenjang SD-SMP-SMA dibebankan dengan belajar yang universal, tidak menjurus, hanya pada waktu SMA saja penjurusan dilakukan, namun pada jenjang universitas dan perguruan tinggi peserta didik diharuskan untuk memilih salah satu jurusan saja, yang benar-benar konsen di sana.

Sehingga penyebutan mahasiswa diambil karena adanya pendalaman ilmu beserta penanganan yang sama dengan siswa, seperti pengurusan biaya, pemanggilan karena masalah, dan berbagai macam hal lainnya, mahasiswa yang mengurus, tanggung jawab menjadi selah satu metode penanganan agar mereka berkembang dengan cepat dan baik.

Pengertian Mahasiswa Dari Sudut Pandang Ahli


Mahasiswa adalah seseorang yang sedang dalam proses menimba ilmu ataupun belajar dan terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu bentuk perguruan tinggi yang terdiri dari akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas (Hartaji, 2012: 5).

individu yang sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Berpikir kritis dan bertindak dengan cepat dan tepat merupakan sifat yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa, yang merupakan prinsip yang saling melengkapi. (Siswoyo, 2007:121).

Dari pendapat ahli di atas dapat kita simpulkan bahwa mahasiswa adalah individu sedang belajar pada jenjang pendidikan tinggi , diploma, atau strata, yang memiliki intelektual tinggi dan berfikir secara kritis dan cerdas untuk melakukan tindakan-tindakan kemasyarakatan dan hal lainnya.

Mahasiswa Dari Sudut Pandang pergerakan.


Dari sudut pandang pergerakan, mahasiswa dinilai sebagai penggerak yang produktif, berkontribusi pada sendi-sendi masyarakat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, pergerakan mahasiswa juga seharusnya memiliki prinsip independensi terhadap sikap politik.

Mahasiswa dengan karakteristik yang kritis dan intelektual juga dipandang sebagai individu yang anti-status quo, menentang sebuah kezhaliman dan sebagai pengawas keberjalanan negara.

Mahasiswa  dari sudut pandang pergerakan menitik beratkan kepada tugas-tugas informal, seperti pembelajaran dalam kelas, namun lebih melihat pengalaman di luar kelas, sebagai bentuk tanggung jawab sosial karena subsidi biaya dari rakyat itu sendiri.


Pengertian Mahasiswa Dari Sudut Pandang Kenegaraan.


Mahasiswa adalah iron stock negara, atau penerus bangsa untuk memajukan dan membangun negara, amanat untuk memajukan indonesia sebagai tanggung jawab bersama para mahasiswa karena ilmu lebih yang didapat dari bangku perkuliahan.

Demikian lah artikel kali ini tentang pengertian mahasiswa dari berbagai sudut pandang, semoga dapat membuka pemikiran dan memberikan pemahaman tentang arti dari mahasiswa yang sangat penting dalam kehidupan kita.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter