-->

Fakta Di Balik Universitas-Universitas Tertua Di Dunia

Fakta unik universitas-universitas tertua di dunia

Memang banyak universitas di dunia ini, Mulai dari yang masih baru dibangun atau pun sudah sangat tua.  Apa kalian tahu universitas tertua di dunia? Banyak yang menyangka kalo universitas tertua adalah universitas Al-Azhar,Mesir. Memang universitas Al-Azhar memiliki umur yang sudah tua,tetapi masih ada lagi,maka dari itu kami merangkum 5 universitas di dunia dan fakta unik di baliknya.

Universitas Al-Qarawiyyin



Universitas Al-Qarawiyyin adalah universitas tertua di dunia yang terletak di Fes,Maroko. Didirikan oleh Fathima Al-Fihria pada tahun 245H/859M ,seorang putri dari keluarga Fihri,yang notebene-nya adalah saudagar kaya dari kampung Kairouan. Universitas Al-Qarawiyyin didirikan disamping masjid Al-Qarawiyyin.

Dahulu masjid Al-qarawiyyin bernama Chorafa yang dibangun oleh raja Idris II.Masjid Qarawiyyin pada waktu pertama dibangun hanya memiliki halaman tengah,serambi kiblat dan menara kecil di sebelah utara. Hanya sekitar 30 meter saja masjidnya. Dan uniknya universitas Al-Qarawiyyin masih melakukan pengajaran di sudut-sudut masjid,melestarikan budaya pengajaran pada zaman dahulu.

Pembangunan universitas ini sangat didukung oleh penguasa setempat,yang memudahkan Fathima Al-Fihria membangun universitas tersebut. Didalamnnya ada perpustakaan yang didirikan oleh sultan Abu Inan Faris pada dinasti Marinid di tahun 1349M. di perpustakaan tersebut masih tersimpat manuskrip Al-Muwattha dari imam Malik.

Universitas al-Azhar



Universitas Al-Azhar adalah universitas tertua kedua setelah Universitas Al-Qarawiyyin. Didirikan pada tahun 975M ketika ketua mahkamah agung Abul hHasan Ali bin Al-Nu’man mulai mengajarkan buku “Al-Ikhtisar”

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang pergi menuntut ilmu di mesir. 90% dari total mahasiswa yang belajar di mesir mereka kuliah di universitas Al-Azhar. Sisanya di universitas lain seperti universitas Kairo dll.universitas Al-Azhar sangat terkenal dengan fakultas sastra arabnya. Memiliki perpustakaan yang sangat lengkap dan memanjakan para mahasiswa yang haus akan ilmu.perpustakaan Al-Azhar dianggap sangat penting,dan menjadi perpustakaan terpenting di Mesir setelah perpustakaan arsip Mesir.

Universitas Nizamiyya


Universitas di dunia ketiga adalah universitas Nizamiyya yang terletak di Baghdad pada tahun 1065M atau pada tahun 1067M tidak ada sumber pasti mengenai tahun berapa didirikan universitas Nizamiyya sekitar pada tahun itu,didirikan oleh Khwaja nizam al-mulk di kota Baghdad dan beroprasi di Ishfahan.

Salah satu dosen yang terkenal pada zamannya ialah imam Al-Ghazali yang pernah mengajar disana,dimengajar lalu pada tahun 1095 dia mengundurkan diri karena dia ingin membuktikan filosopi sufisme yang ia anut. Berkelana menuju Syria meninggalkan perbekalan bagi keluarganya.lalu ia kembali mengajar di Universitas Nizamiyya pada tahun1106 oleh perdana mentri Seljuk yang akhirnya ia turuti.

Universitas Bologna



Universitas Bologna menjadi universitas keempat tertua di dunia karena didirikan pada tahun 1088 dan memiliki 13 museum dan sekaligus menjadi universitas tertua di itali.memiliki 23 fakultas dan mahasiswa universitas Bologna mencapai 96.000.

Pada mulanya hingga perang dunia kedua universitas Bologna selalu pada peringkat atas dan menjadi primadona bagi penggiat ilmu.dan pada waktu itu universitas dijadikan sebagai menjalin hubungan dengan institusi-institusi Negara yang lebih maju guna memperkuat filosofi pendidikan.hingga saat ini univeritas Bologna masih dianggap universitas yang memiliki system akademik yang baik di eropa.

Universitas Paris





Universitas Paris adalah yang kelima tertua.pendirinya adalah Robert de Sorbon pada tahun 1170 di prancis.namun pada tahun 1970 universitas paris mengalami reorganisasi yang menjadikan 13 univeritas otonomi.ke-13 univeritas yang terpecah karena alasan otonomi ini tetap dipimpin oleh rektor umum dengan kantor-kantor berada di Sorbon. Dan dikenal karena akademiknya yang bagus,yang melahirkan para pemenang nobel.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter